Fasilitas dan Layanan Kami

Fasilitas dan Layanan Kami
RS Meilia Cibubur

Minggu, 18 September 2011

Pengasuhan dalam Tumbuh Kembang Anak Berkebutuhan Khusus (Sekolah Amardhika-Kits4Kids & RS MEILIA)

RS MEILIA (Depok): Mengenal lebih jauh mengenai dunia anak, sesungguhnya merupakan sesuatu hal yang sangat luas cakupannya, dan dalam hal tersebut peran orang tua terbilang signifikan untuk dapat memberikan panduan dalam masa tumbuh kembang-nya. Demikian benang merah yang dapat diuraikan pada acara Seminar Tumbuh Kembang hasil kerjasama Sekolah Alam Amardhika dan RS Meilia Cibubur pada Sabtu (17/9).


Bertempat diruang Auditorium Lt3 RS Meilia, kegiatan yang diikuti sekitar 50-an peserta tersebut dipandu oleh pembicara Ms Jessica Wang yang merupakan Academic Advisor dari Kits4Kids Singapore. Secara terang, Jessica mengatakan bahwa fase tumbuh kembang anak adalah sebuah keistimewaan dan bersifat unik antara setiap anak dalam hidupnya.

Dengan demikian, merupakan sebuah anugerah bila memang anak kita memiliki perbedaan dari anak pada umumnya. Dalam arti lain, kita sebagai orang tua diberikan lebih banyak waktu untuk dapat melakukan pola pengasuhan secara optimal bagi sang anak, terlebih bila berkebutuhan khusus. Pada kesempatan itu, Jessica sekaligus mengungkapkan bahwa deteksi dini anak berkebutuhan khusus dapat dilakukan melalui pencermatan orang tua terhadap masa tumbuh kembangnya.

Nantinya, indikasi awal tersebut akan dapat dikonsultasikan dengan konsulen terkait, dalam hal ini dokter anak bersama dengan psikolog anak, untuk dapat menentukan pola hidup serta pola pendidikan yang sesuai dengan karakter anak itu sendiri. Terlebih, pemaksaan baik secara verbal maupun fisik hanya tentu tidak memberikan dampak positif bagi Anak tersebut. (YH)

Tidak ada komentar: