Fasilitas dan Layanan Kami

Fasilitas dan Layanan Kami
RS Meilia Cibubur

Minggu, 19 Juni 2011

Optimalisasi Pendampingan dalam Masa Tumbuh Kembang Anak





MEILIA (Depok) : Periode tumbuh kembang anak adalah masa dimana faktor pendampingan menjadi salah satu faktor yang berperan penting, dalam mendukung fungsi tumbuh kembang anak berjalan secara optimal. Demikian benang merah yang dapat diambil dari seminar “Optimalisasi Pendampingan dalam Masa Tumbung Kembang” yang diadakan di RS Meilia Cibubur pada Sabtu, 18 Juni 2011.

Acara yang berlangsung diauditorium Lt 3 RS Meilia Cibubur tersebut dibawakan oleh narasumber dr Lies Dewi Nurmalia, SpA (Spesialis Anak) dan Anastasia Sri Maryatimi, Mpsi (Psikolog). Kegiatan tersebut diikuti sekitar 100-an peserta yang didominasi oleh para ibu yang memiliki anak usia balita. “Periode tumbuh dan kembang anak tidak hanya mengukur kuantitatif fisik anak seperti berat badan namun sekaligus segi kualitatif seperti persona-sosial, motorik kasar dan halus anak,” jelas dr Lies DN, SpA.

Disamping itu Rahasia yang utama dalam masa tumbuh kembang anak dalah kombinasi anatara keseimbangan nutrisi, gerak aktif anak, disertai dengan istirahat yang cukup ditambah dengan stimulasi dari hubungan orang tua dengan anak dilengkapi dengan pemberian vaksinasi berkala. “Dalam masa tumbuh kembang, orang tua berpengaruh untuk dapat memberikan stimulasi positif bagi anak sekaligus dapat menangkap tanda perubahan dalam fase tahapan tersebut,” terang dr Lies D.N, SpA lebih jauh.

Ditambahkan oleh psikolog Anastasia S.M, Mpsi, bahwa faktor yang dapat mempengaruhi penguasaan tugas perkembangan adalah kesempatan untuk mempelajari dengan bimbingan serta adanya motivasi. Pada titik tersebut, peran orang tua menjadi signifikan. “Orang tua menjadi sarana dalam mendukung fase tumbuh kembang termasuk dalam memberikan support motivasi bagi anak dalam memahami perkembangan eksternal,” pungkas psikolog Anastasia. (YH)

Tidak ada komentar: