MEILIA (Depok): Bekerjasama dengan Softex Confidence, RS Meilia Cibubur menyelenggarakan seminar “Service Excellence” dengan menghadirkan pembicara Dra Tika Bisono, Mpsi dengan tema “ Melayani dengan Tersenyum.” Kegiatan tersebut berlangsung pada Jumat (25/3) diruang Auditorium Lantai 3a dengan melibatkan 150-an peserta internal.
Dalam kesempatan tersebut, Tika Bisono yang sekaligus merupakan penyanyi dekade 80-an mencoba menggali lebih dalam konsepsi pelanggan dalam kepentingan bisnis. “Dalam aspek yang definitif, pelanggan dapat diartikan sebagai relasi terdekat kita dalam hal hubungan usaha,” jelas Tika. Termasuk pula diantaranya calon pelanggan dimasa mendatang, yakni keturunan relasi usaha kita saat ini.
Untuk itu “Word of Mouth” menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Pada kriteria tersebut, hal yang termasuk sering dibicarakan sebagai bentuk komunikasi antara penyedia jasa dan pelanggan adalah sikap layanan prima, seperti diantaranya cara melayani, senyuman, ucapak serta tingkah laku selaku pemberi layanan menjadi sorotan dalam penilaian pelanggan.
“Dititik penilaian pelanggan tersebut, sebuah senyum yang tulus dapat menjadi pembeda serta membuka hubungan secara lebih lanjut,” papar Tika lebih jauh. Sikap layanan utama yang paling penting dalam memberikan kesempurnaan image bagi pelanggan adalah dengan menerapkan pronsip dasar pelanggan sebagai penentu masa depan bisnis kita dimasa mendatang. Untuk itu, perhatian yang tanpa pamrih, empati, cara bicara, bahkan komitmen waktu menjadi hal teramat penting.
Terlebih globalisasi, membawa dampak pada kepentingan serta orientasi pelanggan untuk mendapatkan pelayanan yang maksimal dan paripurna. “Pelanggan semakin demanding, meminta lebih banyak perhatian diberikan kepada sebaik mungkin, dan dalam hal itu kemampuan untuk memperbaiki layanan serta memberikan layanan adalah keutamaan.” ungkapnya. (YH)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar