Fasilitas dan Layanan Kami

Fasilitas dan Layanan Kami
RS Meilia Cibubur

Selasa, 31 Mei 2011

Klinik Nyeri RS Meilia atasi Sakit dan Nyeri Tubuh Anda


Secara umum gangguan nyeri pada bagian punggung adalah hal yang biasa didapati, namun demikian hal tersebut tidak dapat dianggap remah. Karena pada aktualisasi dan tingkat yang serius rasa sakit pada bagian punggung dapat berakumulasi pada nyeri permanen sehingga membutuhkan waktu recovery yang lama.

Terkait dengan kondisi nyeri pada bagian punggung, maka hal itu merupakan kondisi nyeri yang paling sering terjadi. Sesuai dengan data Survei National Health Interview di Amerika kondisi nyeri pada daerah punggung tersebut juga kebanyakan dialami oleh koresponden Pria dibandingkan Wanita.

Secara umum, hal tersebut dikarenakan tubuh berada dalam kondisi statis yang cukup lama. Hal ini sesuai dengan kriteria masayarakat diperkotaan selaku pekerja dibelakang meja lantor dengan intensitas yang lama. Rasa nyeri tersebut seringkali lebih disebabkan oleh kurangnya peregangan (low back pain).

Namun demikian, tentu saja perlu dilakukan observasi lebih mendalam terkait dengan riwayat Anda seperti apakah pernah mengalami cidera punggung ataupun memiliki kebiasaan mengangkat berat secara kontinu dan periodik.

Konsepsi ergonomis dalam ruang kerja, memang harus dapat diciptakan untuk mengurangi terjadinya rasa nyeri dipunggung. Disamping itu, kondisi nyeri tersebuyt juga dapat dilecutkan oleh karena faktor stress, postur tubuh yang mengalami gangguan bahkan dapat disebabkan karena obesitas -kegemukan.

Dalam posisi duduk yang lama, secara fisik situasi tersebut memberikan tekanan 40% lebih besar pada tulang belakang dibandingkan berdiri. Karena itu dianjurkan dalam kondisi bekerja, sesering mungkin melakukan peregangan, setiap 2 jam melakukan gerakan berdiri maupun berjalan selama 5 menit.

Pemakaian media penghangat seperti balsam dapat meredakan efek nyeri bila bersumber pada ketegangan otot, tetapi tidak semua bentuk nyeri efektif direspon dengan menggunakan sarana tersebut. Karena itu perlu dilakukan identifikasi tingkatan serta jenis nyeri punggung yang dialami.

Hampir 80% nyeri punggung disebabkan oleh persoalan peregangan dan kelenturan otot, namun begitu hal tersebut dapat saja terjadi akibat antara lain: infeksi organ dalam, problem saraf, dampak trauma, adanya tumor ataupun dikarenakan kelainan bawaan atas postur fisik tulang belakang.

Metode pengobatan yang dapat dilakukan sangat bergantung kondisi nyeri yang dialami, apakah nyeri bersifat temporal saja atau memang sudah akut. Dalam kondisi tersebut, bila kondisi nyeri dalam taraf ringan maka metode penggunaan instrumen seperti balsam dan teknik pemijatan berdampak baik.

Dalam taraf yang serius, rasa nyeri punggung dapat ditangani dengan melaksanakan tindakan fisioterapi, khususnya terdapat teknologi dengan menggunakan metoda akustik yang dikenal dengan shockwave therapy dapat membantu mereparasi serta meregenerasi jaringan otot untuk menghilangkan rasa nyeri secara efektif. (dr Ananda Setiabudi, SpS -Klinik SARAF RS Meilia Cibubur)

Tips & Trik Reduksi Nyeri Punggung saat Bekerja :

1)Setting Posisi komputer Anda
Jangan sampai menimbulkan posisi membungkuk, atur jarak screen 30-75 cm agar sejajar letaknya dengan mata Anda.

2)Pilih kursi dan Posisi duduk yang sesuai
Ergonomis menyesuaikan bentuk lengkung tubuh dan buat agar ketinggian kursi dapat menyebabkan kaki menempel dilantai dengan sudut 90 derajat.

3)Relaksasikan Punggung dan Bahu Anda
Sandarkan bahu, gerakkan pundak serta berdiri dan berjalan setiap 30 menit

4)Letakkan barang yang sering Anda gunakan untuk mudah terjangkau
Gerakan memuntir punggung yang memaksa mengambil sesuatu dalam posisi yang tidak tepat dapat menyebabkan terjadinya rasa nyeri dan cidera.

5)Jangan silangkan kaki
Hal tersebut berkaitan dengan fase peredaran dan aliran darah dari atas ke bawah yang menjaga agar tubuh tetap dalam sirkulasi darah yang baik.

PAIN CLINIC'S (-Klinik NYERI)
RS MEILIA Cibubur


Dilengkapi TEKNOLOGI TERBARU:
Shockwave Therapy Unit BTL-5000

Hilangkan Nyeri, Tanpa Efek Samping

Perawatan efektif dan non-invasif,
Meredakan nyeri sistem muskuloskeletal
Memperbaiki jaringan otot dan meningkatkan kualitas hidup

Shockwave adalah gelombang akustik,
Berdampak efek penyembuhan, regenerasi & reparatif,
Pada jaringan muskuloskeletal dengan kondisi subakut, subchronic dan kronis.

Manfaat Shockwave Therapy :
*Cepat dan efektif redakan nyeri.
*Mempercepat penyembuhan.
*Perbaikan metabolisme & mikrosirkulasi.
*Peningkatkan produksi kolagen
*Pemulihkan mobilitas
*Perawatan non-invasif
*Tanpa efek samping

TELAH TERBUKTI, EFEKTIFITAS LEBIH 80% Menghilangkan Nyeri
Aplikasi Utama: Ortopedi, Rehabilitasi, dan Cedera Olahraga

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Selamat siang, untuk nyeri punggung sekali terapi biasanya membutuhkan waktu berapa lama?, dan kalau boleh tau biayanya berapa?. Tq