Fasilitas dan Layanan Kami

Fasilitas dan Layanan Kami
RS Meilia Cibubur

Minggu, 13 November 2011

Hidung Mampet? No Way...! Seminar Awam di RS Meilia Cibubur (12/11)

RS MEILIA (Depok): Ketika Hidung anda terasa mampet dipagi hari, jangan pernah menganggap hal tersebut sebagai hal remeh, apalagi bila hal itu berakumulasi dengan gejala seperti kondisi sakit kepala, lemas, dan keluar cairan hidung bisa jadi dapat membuat anda tidak produktif. Karenanya lakukan pemeriksaan kesehatan kepada Spesialis THT untuk memastikan gejala kondisi hidung mampet Anda.


Demikian benang merah yang dapat disimpulkan dari acara “Seminar Awam: Hidung Mampet? No Way.. Seputar Keluhan Hidung mampet dan Cara Pencegahannya” yang dilaksanakan pada Sabtu 12 November 2011 diruang Auditorium Lt 3 RS Meilia Cibubur dengan pembicara dr Selfiyanti Bimantara, Mkes, SpTHT-KL.

Acara yang diikuti sekitar 80 peserta tersebut berlangsung secara interaktif, dengan melibatkan partisipasi dari audiens. “Penyebab terjadinya hidung mampet dikategorikan dalam kedua golongan besar yakni anatomic -seperti polip dll, dan non anatomic -seperti alesgi dan sinusitis kronis dll,” jelas dr Selfiyanti B, SpTHT-KL lebih jauh.

Banyak hal yang dapat dilakukan sebagai sarana dalam melakukan pencegahan didni atas kondisi mampet, lebih lanjut dr Selfiyanti B, Sp THT-KL, menyatakan bahwa perbaikan kondisi internal fisik tubuh dan pikiran membantu 50% dari cara mengatasi masalah. “Jaga kebersihan, hindari penyebab alergi, cukup beristirahat serta berolahraga disertai dengan konsumsi makanan bernutrisi menjadi tindakan preventif,” paparnya.

Namun demikian, bila kondisi hidung mampet berlangsung dalam taraf yang mengganggu serta tidak dapat ditangani secara parsial karena sifatnya telah permanen, maka beberapa tindakan medis dapat dilakukan seperti memberikan obat minum, mengandalkan semprot hidung untuk melegakan pernafasan serta melakukan tindakan pembedahan baik secara konvensional maupun teknik terbaru. “Salah satu metode yang dapat digunakan adalah Plasma Coblasi, dengan memanfaatkan teknik baru guna memudahkan pasien mengatasi kondisi hidung mampet dalam waktu singkat,” paparnya. (YH)

Tidak ada komentar: